Kuliah Sambil Kerja Bisa Tidak?

 

Bisa Ga Ya, Aku Kuliah Sambil Kerja?

Bisa Atau Ga Kuliah Sambil Kerja Ya Tergantung Kamu

Karyawan Juga Bisa Kuliah Lho

 

Well.. Pertanyaan ini banyak sekali diajukan sama teman-teman Luna.

Yang kebetulan memang posisinya sedang bekerja di perusahaan. Selain sebagai pekerja, ada juga sih teman Luna yang kerjanya jadi pengusaha. Dan merekapun memiliki pertanyaan yang sama. Mau Kuliah Sambil Kerja, Bisa Tidak?

Oke.. sebenarnya masalah bisa atau tidak untuk kuliah sambil kerja atau usaha, kembali pada niat masing-masing. Kalau niat untuk melanjutkan kuliah itu cukup kuat, Insya ALLAH deh selalu ada jalan untuk kuliah. Nah berikut ini tips2 dari Informasikampus.com untuk teman teman yang mau kuliah sambil Kerja. Cekidot cekidung :

  1. 1. Lakukan Management Waktu Kerja yang Tepat
  2. Permasalahan utama, pada perkuliahan orang-orang yang bekerja adalah mereka sulit menemukan waktu kuliah yan tepat. Bahkan jam kerja yang shift2an membuat para pekerja menjadi kesulitan untuk melanjutkan kuliah. Bahkan tidak jarang ada yang sudah mulai kuliah, namun akhirnya harus berhenti ditengah jalan karena waktunya yang ga bisa di manage dengan baik.
  3. Luna menyarankan buat teman-teman yang susah buat mengatur waktu untuk mencari kampus yang absen dan waktu perkuliahannya gampang diatur. Salah satunya yang terkenal masalah ini kampus FTI Jayabaya. Di Kampus FTI jayabaya, waktu kuliah bisa diatur, bahkan ada beberapa mahasiswa yang kuliahnya sambil Online saja. Karena mendapatkan pekerjaan diluar kota. Yang penting pas ngumpulin tugas atau ujian si Mahasiswa yang sambil kerja tersebut bisa hadir.

2. Sisihkan Dana Untuk Kuliah

Ingat, kuliah itu juga butuh biaya. Selain biaya bayaran SPP dan SKS, kamu juga harus memperhitungkan biaya sambilan lainnya, seperti biaya nge-print, bensin, dan beli buku kuliahan. Dan untuk mengakali hal tersebut sangat disarankan untuk menyisihkan di awal bulan budget buat kuliah, Kenapa di Awal bulan? Karena kalau di akhir biasanya duitnya udah abis..

So.. Kurangi dululah beli pakaian mahal, jalan-jalan atau makan2 di restoran. Ingat.. Kita hanya perlu bersabar selama 4 tahun aja. Dan nanti hasil dari kuliah sambil kerja kita ini bisa kita nikmati selamanya.. Duh.. Enak banget kalau udah punya ijazah S1 bisa lebih mudah cari kerja. Ditambah lagi soal pengalaman kan udah punya 🙂

Oiya.. Luna saranin carilah kampus yang bisa bantu kita untuk memanage dana untuk kuliah kita. Cari kampus yang bayarannya bisa dicicil perbulan. Nah jadi nanti kita ga terbebani kalau harus Brek.. Mengeluarkan uang dalam jumlah yang besar (Ini nih alasan Luna pilih Jayabaya).

 

3. Cari teman Seperjuangan yang Solid

Lingkungan juga akan sangat mempengaruhi niat kita untuk kuliah. Kalau kita kuliah ga ada temennya, niscaya cepet banget deh jadi ga semangat. Apalagi kalau nemuin dosen yang killer ditambah dengan hobi ngasih tugas bejibun.

Kalau kita punya temen seperjuangan yang solid. Nantinya kita akan bisa saling bantu membantu dalam hal mengerjakan tugas, absen, bahkan ujian hehehe (Curhat Dikit)

4. Minta Restu Orang Tua, dan Pasangan

Masalah restu juga harus dipikirkan baik2. Terutama restu dari Orang tua, jika orang tua kita merestui kita untuk kuliah sambil kerja. Maka masalah bisa atau tidak, nanti akan jadi gampang. Karena ALLAH akan memudahkan orang yang sudah direstui oleh orang tuanya.

Nah buat kamu yang punya pasangan, jangan lupa kasih pengertian juga ke mereka (Kalau mereka berarti pasangannya lebih dari satu ya hehe). Kasih deh pengertian bahwa mungkin waktu kebersamaan Antara Kamu dan si Dia akan agak berkurang. Karena harus kuliah. Ingat lho.. Kuliah itu cuma sementara, dan kamu nanti bisa mendapatkan hasil peningkatan kehidupan nantinya :).

 

5. Carilah tempat Kuliah yang gampang Aksesnya

Sob.. carilah tempat kuliah yang mudah ditempuh aksesnya. Ada angkot kesana, dan dekat dengan jalan besar. Soalnya, ingatlah.. Karena sobat akan kuliah sambil kerja, dan bisa atau tidaknya akan tergantung juga dengan letak si kampus ini.

Kalau kampusnya di pelosok, dan susah akses. Maka siap2lah sering terlambat. Inilah salah satu alasan Luna sama Geng Luna milih kuliah di Jayabaya. Soalnya disini deket banget aksesnya. Mau Ke Mall gampang (Hehe), Mau isi Bensin deket banget, Mau Naik Angkot ada di depan.

 

Nah itu dia deh.. Sedikit tips untuk temen2 yang mau kuliah sambil kerja. Ingat Sekali lagi, kalau kita yakin bisa. Pasti bisa. Kalau kita yakin tidak bisa, maka pasti tidak bisa.

 

Selamat Memutuskan 🙂

Keep Semangat ya

(Visited 1.697 times, 1 visits today)
 

One Comment

  1. Pingback: 7 Hal Wajib diketahui sebelum Kuliah di Universitas Terbuka

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *