7 Alasan Kenapa Banyak Sarjana Nganggur

 

7 Alasan Kenapa Banyak Sarjana Nganggur

Kenapa Banyak Sarjana Nganggur
Kalau kita bertanya pada para mahasiswa. Apa sih tujuan kamu kuliah? Pasti sebagian besar diantara mereka akan menjawab bahwa tujuan mereka kuliah adalah untuk bekerja.
Namun sungguh ironis, karena ternyata kenyataan yang didapatkan bisa sangat jauh dari hal yang dicita-citakan. Boro-boro dapet kerja ditempat yang nyaman dan bergazi besar.. Dapet kerjaan sebagai buruh aja susahnya setengah mati.. Begitu kata beberapa lulusan S1.
Namun benarkah begitu? Kenapa sebagian orang begitu mudahnya mendapatkan pekerjaan sedangkan sebagian yang lain sungguh sulit untuk menembus dunia kerja? ada apas sih sebenarnya?
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh para mahasiswa ataupun Anda yang mau mengambil kuliah supaya ijazahnya tidak berakhir di Laci lemari. Dan ini adalah beberapa alasan dan faktor yang menjadi sebab, kenapa banyak lulusan sarjana yang jadi pengangguran.

Baca Juga : Jurusan Kuliah yang Enggak Laku
1. Nilai bagus tidak menjamin
IPK yang tinggi atau status lulusan Cum Laude, memang sangat membanggakan bagi seseorang yang mendapatkannya. Namun, apakah hal tersebut menjamin seseorang untuk dapat dengan mudah melenggang di Dunia Kerja? Oh.. tentu tidak.
Di Lapangan kamu dapat menemukan cukup banyak sarjana yang menjadi pengangguran karena berpikir bekerja atau tidak itu bergantung pada nilai. Padahal hal tersebut salah banget.. Dan kamu bisa tau lebih detail alasannya dengan lanjutin baca artikel ini.
2. Kurang Koperatif
Untuk dapat diterima dengan cepat di dunia kerja. Seseorang harus dapat menunjukan sikap koperatif atau dapat bekerja sama. Jika Anda adalah seseorang yang terbiasa mengerjakan tugas kuliah sebagai one man hero atau superman, maka segeralah ubah hal tersebut.
Sebuah perusahaan ketika melakukan rekrutmen karyawan baru atau fresh graduate akan mencari seseorang yang dapat bekerja di dalam team. Dapat beradaptasi dan mematuhi perintah tanpa banyak melawan.
Dan para sarjana yang kesulitan dalam mendapatkan pekerjaan atau karirnya mandeg biasanya tidak mampu untuk menunjukan sikap koperatif ini.
Maka, saran saya.. Jadilah Good Team Player.

3. Terlalu Jual Mahal
Menjadi seseorang bertitel sarjana memang bagus. Tapi tidak serta merta membuat Anda lebih hebat dari yang lainnya.. Karena sebagus apapun Anda, ketika status Anda masih Fresh Gradute.. Artinya Anda masih Nol pengalaman dan belum siap bekerja.
Maka,, Janganlah menjadi bersikap jual mahal..
Jangan berpikir kalau S1 bisa langsung jadi Manager?
Ingat.. semua butuh proses.. Dan sebagai seorang sarjana.. Anda memang tidak bisa langsung jadi manager. Tapi Anda memiliki kesempatan untuk ke arah sana. Maka bersabarlah dan teruslah menempa diri.
Ingat.. Kalau Anda Jual Mahal.. Bisa kelamaan Nganggur.

Baca Juga : Daftar Kuliah Murah Terbaru

4. Idealis, Ingin Pekerjaan Sesuai dengan Jurusan
Alasan lainnya seorang sarjana tetap menganggur adalah karena memiliki sikap idealis yang terlalu tinggi.
Idealis sih boleh, namun kita juga perlu memikirkan perut kita bro..
Terlalu idealis dan menuntut pekerjaan harus sesuai dengan jurusan dapat berakibat fatal, yang berujung pada sulitnya mendapatkan pekerjaan. Sebagai contoh.. Jika Anda seorang sarjana Perikanan.. Maka janganlah berfokus pada pekerjaan disektor maritim atau di balai perikanan. Be Open Mind bro..
Terima saja dulu tawaran pekerjaan yang datang. If it pay well enough.. Then Why Not.
Dan ketika Anda sudah mulai bekerja. .nah baru deh bisa mulai mencari celah atau lompatan selanjutnya yang sesuai.. Ingat bro.. Lebih mudah mencari pekerjaan saat bekerja dibanding saat menganggur.
5. Tidak Mau keluar dari Daerah Asal
Cinta kampung halaman sih boleh-boleh aja. Tapi kalau sampai ga mau kerja di tempat lainnya.. Wah.. Bisa jadi masalah..
Cukup banyak. .Para Sarjana yang memilih tidak mengambil lowongan yang ada didaerah yang jauh atau luar kota. Kalau alasannya adalah karena ingin menjaga orang tua sih boleh..
Nah kalau alasannya ga mau kehilangan teman nongkrong?? ckckck.. Gawat bro.. Eling.. kita akan selamanya bersama dengan teman.
6. Kurang Bergaul
Ini adalah masalah yang cukup banyak diderita oleh mahasiswa yang “pintar”. Pintar di sisi akademis memang bagus. Namun pada kenyataannya orang yang cepat diterima kerja nantinya adalah orang yang pintar bergaul dan banyak memiliki kawan.
Karena, mereka dapat dengan mudah masuk dan disenangi ke dalam suatu lingkungan baru. Selain itu, mereka juga akan diajak oleh kawan mereka yang sudah duluan bekerja.
Nah makanya supaya kamu bisa cepet diterima kerja.. Banyakin deh temen yang diarah positif.
7. Emang Males Nyari Kerja dan Ga Mau Buka Usaha
Nah ini dia.. Penyakit yang paling parah yang bisa diderita oleh para lulusan sarjana.
kalau penyakit yang ini biasanya diidap oleh mereka yang belum bisa berpikir dewasa. Dalam pikirannya masih mau nongkrong sambil gitaran. Dan pengen selamanya main-main dikampus.
Obatnya sih banyak-banyak bergaul dengan lingkungan positif dan merenungi apa sih yang mau kamu lakukan di Hidup ini? Supaya segera tersadar kalau Orang Tua kamu udah banyak banget berkorban hingga kamu bisa menjadi sarjana seperti sekarang.

Nah itu dia 7 Alasan Kenapa banyak Sarjana yang Jadi Pengangguran.
Simak terus ya.. Situs tercinta kita di informasikampus.com

Tetap Semangat Ngampus ya 🙂

Salam Luna “Artis Kampus 2015”

(Visited 10.272 times, 22 visits today)
 

6 Comments

  1. imamnuryanto Desember 26, 2015 at 12:40

    Seharusnya Dinas Pendidikan Meneliti kenapa hal ini bisa terjadi. dari hasil penelitian itu coba cari solusinya. kalau seandainya menyangkut pola pikir sarjana maka masukkan pendidikan untuk membangun pola pikir dari tk sampai perguruan tinggi. menyedihkan bok yg dipelajari di sekolah seabrek e ditempat kerja cuma sak ndulit. atau malah gak kepakai

     
  2. toko obat viagra Januari 27, 2016 at 02:53

    Saya setuju sih dengan artikel ini. Sebab namanya cari kerja sekarang itu susah banget. Dan titel saja tidak akan mencukupi untuk bekerja yang layak.. Yah jangan mimpi Jadi S1 bisa langsung kerja enak. Sekarang S1 banyak yang jadi operator. Sing penting ora belagu

     
  3. Andi Mariadi Februari 16, 2016 at 11:29

    Kurang bakingan bisa juga gan

     
    • admin Maret 16, 2016 at 10:31

      Bisa jadi pak. Btw Blog Anda bagus juga 🙂

       
  4. yogi Februari 28, 2016 at 10:02

    heh bener kang dewek hayang kuliah kumaha carana te boga modal menta ka kolot era da geus gede,hyang na mah sabari gawe tapi kimaha bingung

     
    • admin Maret 16, 2016 at 10:30

      Semangat, dimana ada kemauan pasti ada jalan. Kang Yogi bisa ambil kuliah di universitas terbuka

       

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *