Mau Kuliah di Jepang, Baca Ini Dulu

 

Kuliah Di Jepang, Sulitkah?

Tips Kuliah Di Jepang

Berkut adalah cara untuk kuliah di Jepang dan tips

Siapa tidak kenal dengan negara jepang? Negara yang dijuluki sebagai negri sakura ini memiliki cukup banyak keunikan yang terus menerus menarik para pengunjung untuk datang dan berkunjung kesana.
Selain berkunjung untuk berwisata, ternyata cukup banyak lho yang pergi ke jepang untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.
Tak mudah memang, selain karena butuhnya biaya yang cukup besar. Kuliah di Jepang juga dirasa sangat sulit karena satu dan lain hal.
Nah kali ini luna akan menuliskan apa saja sih tantangan ketika kuliah di Jepang? Yuk Kita Simak hanya di Informasikampus.com

Sulitnya Nemu Makanan Halal
Belum makan namanya kalau belum nemu nasi. Dan kalau pernyataannya seperti itu, kita patut bersyukur karena bangsa jepang juga memakan nasi sebagai makanan pokok. Oke untuk sisi ini cukup sama, yang jadi masalah adalah kehalalan makanan disana.
Rata-rata orang jepang beragama shinto, atau kristen bahkan tidak sedikit yang tidak jelas apa agamanya. Sehingga makanan halal akan menjadi masalah yang cukup merepotkan bagi kita khususnya umat islam.
Solusinya adalah dengan memasak ikan sendiri sehingga dapat dipastikan kehalalan dari makanan tersebut. Atau bagi Anda yang kurang bisa memasak dapat membeli makanan lewat jaringan internet, di Jepang ada beberapa situs khusus yang menyajikan makanan yang terjamin kehalalannya.
Makanya ada syarat tidak langsung untuk mahasiswa indonesia yang kuliah disana adalah harus bisa memasak.

Cara Hidup yang disiplin dan teratur
Bagi Anda yang hidup di Indonesia, mungkin sudah biasa melihat pemandangan buang sampah sembarangan, menyerobot anteran ataupun berkata kasar di jalan. Well hal-hal tersebut tidak akan ditemukan di Jepang (Setidaknya tidak mudah).
Negri jepang adalah negara yang terkenal dengan tingkat kedisiplinan yang tinggi. Yang dipadukan dengan tegasnya pemerintah dalam menerapkan peraturan. Makanya jangan heran, kalau kita kuliah disana berarti kita harus sudah siap untuk hidup serba teratur. Dan gaya hidup ini mudah-mudahan bisa menular begitu sampai di Indonesia.

Apa aja sih tips kuliah jepang

Biaya Hidup dan Pendidikan di Jepang itu Mahal
Mahalnya biaya hidup di jepang memang tidak bisa dipisahkan dari mata uang rupiah yang dikategorikan sebagai mata uang sampah. Sehingga uang kita tidak berharga jika dikonversi ke dalam Yen.
Untuk mensiasati hal ini, para mahasiswa yang kuliah disana bisa bekerja sambil kuliah plus mengejar beasiswa. Sebagai informasi tambahan , tersedia cukup banyak beasiswa bagi mahasiswa internasional termasuk indonesia yang bisa membantu menempuh pendidikan di perguruan tinggi bahkan hingga 100% gratis.
Dan mahasiswa bisa menerima beasiswa tersebut selama mampu untuk mempertahankan nilai akademik selama kuliah.

Baca Juga : Daftar Kampus Penghasil Cewek Cantik

Bahasa Jepang itu Susah!
Bahasa jepang memang identik dengan symbol dan huruf kanji yang tidak bisa dibaca, bagi yang belum terlatih. Bentuk hurufnya yang jauh berbeda dengan alphabet yang kita kenal turut menyusahkan para mahasiswa indonesia yang berniat kuliah disana.
Walau begitu, solusinya tetap ada. Yakni mahasiswa dapat mencari universitas yang menjadikan bahasa inggris sebagai bahasa pengantar. Program ini disebut sebagai program E-Track misalnya E-Track dari Tokyo Univerisity.
Sampai saat ini English Track telah membantu ribuan mahasiswa dari berbagai belahan dunia dalam menuntut ilmu di negri doraemon ini.Dengan salah satu syaratnya adalah sang mahasiswa harus dapat menunjukan kemampuannya dalam berbahasa inggris dengan memberikan esai dalam bahasa inggris dan sertifikat kemampuan dalam berbahasa inggris seperti IELTS, TOEFL ataupun TOEIC.

Baca Juga : 5 Tempat Kuliah Kelas Karyawan di Jakarta

Nah bagaimana sobat informasikampus.com, mau melanjutkan pendidikannya di Jepang?

(Visited 1.290 times, 1 visits today)
 

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *