Luar Biasa!! Kampus ITB Ciptakan Kaki Palsu Standar Internasional

 

Luar Biasa!! Kampus ITB Ciptakan Kaki Palsu Standar Internasional

 

ITB salah satu Kampus Terbaik di Indonesia

ITB salah satu Kampus Terbaik di Indonesia

Di Indonesia, tingginya kasus kecelakaan, serta penderita diabetes membuat cukup banyaknya orang yang harus rela kehilangan kakinya dengan cara diamputasi. Amputasi dilakukan supaya dapat menghindarkan infeksi ataupun penyakit semakin meluas. Namun hal ini juga berarti orang tersebut harus rela kakinya diganti dengan Kaki palsu.

Bahkan saat ini tercatat di Indonesia jumlah Amputee atau orang yang kehilangan anggota tubuhnya sebanyak 1 juta orang. Dan hal statistik juga menyebutkan bahwa jumlah Amputee naik terus setiap tahun sebanyak 9000 orang.

ITB Ciptakan kaki Palsu

Melihat cukup banyaknya orang yang membutuhkan kaki palsu, dan tidak terjangkaunya harga kaki palsu yang beredar dipasaran, membuat beberapa dosen dan alumni ITB sepakat untuk membuat kaki palsu yang berkualitas namun tetap terjangkau.

Sebagai informasi tambahan, kaki palsu yang biasa diimpor dari negri china saja bisa dibandrol diatas 10 juta rupiah untuk yang bermerek. Makanya tidak heran kalau di daerah bandung tepatnya di daerah kiara condong dan cibiru cukup banyak ditemukan para pengrajin pembuat kaki palsu. Memang kaki palsu yang ditawarkan oleh para pengrajin ini cukup murah harganya, yakni berkisar di angka 2-4 juta rupiah. namun tingkat kenyamanan serta titik ergonomis yang didesain ternyata tidak memberikan kenyamanan serta kemudahan dan keamanan bergerak pada para pemakai kaki palsu tersebut.

Tiga Jenis Kaki Palsu telah diciptakan ITB

Salah satu dosen di ITB yang bernama Pak Tata Cipta mengatakan bahwa, kini kampus ITB telah menciptakan tiga jenis kaki palsu. Kaki palsu pertama memiliki model sederhana dengan engsel mur dan baut, namun untuk membuatnya tetap nyaman dibagian belakang telapak kaki diberikan bantalan agar mudah dan enak ketika dipakai sebagai pengganti kaki. Bantalan di kaki palsu tersebut berupa plat besi yang dibentuk melengkung. Kalau dari samping mirip sekali dengan bulan sabit. Hal ini dibuat untuk menutupi model lutut dengan pusat tunggal, karena model ini dinilai membuat pemakainya rawan untuk jatuh.

Kuliah di Universitas Terbuka itu susah

Mau Kuliah yang sama gampangnya?? Yuk Cari info ke Jayabaya

 

Baca Juga : Tips Mendapatkan Uang tambahan Bagi Mahasiswaa

Kaki palsu kedua dibuat dengan perhitungan yang lebih detail. Yakni dengan memperhitungkan perubahan angle ketika orang sedang berjalan. Untuk bahan model kedua, sendinya dibuat dengan bahan nilon dan stainless steel dan dilengkapi dengan empat sumbu. Dan kaki palsu kedua ini telah diujikan ke salah seorang yang menggunakan kaki palsu buatan. Dan terbukti produk dari Institut Teknologi Bandung ini bisa dengan mudah dipakai berjalan bahkan mengendarai sepeda motor.

Lain lagi dengan model ketiga. Model ketiga ini dibuat menggunakan perhitungan yang jauh lebih rinci. Model kaki palsu yang dikembangkan oleh pria bernama Alvin dengan temannya emilio ini memperhitungkan jarak sumbu yang lebih rinci. Ukuran panjang batang sumbunya dibuat berkisar
Adapun model ketiga yang dikemb 2-5 cm. Dan dirancang sedemikian rupa sehingga ringan ketika digunakan.

Baca Juga : Pentingnya Melanjutkan Kuliah Bagi Karyawan

Harga Buatan ITB ini Cukup Terjangkau dengan Kualitas yang Setara Impor

Untuk harga dari kaki palsu buatan ITB ini, terbilang ada diantara harga kaki palsu impor dan kaki palsu lokal. Yakni berkisar diangka 5-6 juta. Namun jangan salah, kaki palsu buatan ITB ini cukup nyaman bahkan lebih ketika dibandingkan dengan kaki palsu buatan negeri orang.

Diharapkan Jadi Rujukan Kaki Palsu
Dengan dibuatnya produk kaki palsu ini, para dosen ITB berharap dapat menjadi suatu model yang menjadi rujukan kaki palsu yang aman dan nyaman bagi para Amputee di Indonesia. Mengingat di Indonesia belum ada standar yang jelas tentang kaki palsu.

Sekian Informasi dari Informasikampus.com

 

Tetap Semangat ya 🙂

(Visited 410 times, 1 visits today)
 

3 Comments

  1. I Nengah Latra Maret 7, 2016 at 06:05

    Salah satu program dari Puspadi Bali adalah membuat kaki palsu yang diberikan secara cuma-cuma kepada penyandnag disabilitas kurang mampu. Setiap tahunnya lebih dari kaki palsu yg diproduksi dengan menggunakan ICRC komponen. Kami menyambut gembira, ITB telah memproduksi kaki palsu atas lutut dengan harga terjangkau. Mohon info, bagaimana kmai bisa memesan komponen ini sehingga makin banyak penyandang disabilitas bisa mempunyai kaki palsu yang berkualitas. Terima kasih. Latra

     
    • admin Maret 16, 2016 at 10:28

      Mantap sekali Pusapdibali, silahkan kontak ITB di situs resminya 🙂

       
  2. Ekopurwanto Juni 30, 2016 at 09:16

    Saya sangat senang sekali karna kalau saya lihat seperti buatan dari negara Jerman ottobock …saya juga pakai kaki sambungan ..dibawah lutut..klo mmg lebih murah boleh saya pesan..

     

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *