Apa Aja Sih Hambatan Kuliah Sambil Kerja?

 

Ini dia Hal-hal yang Menjadi Hambatan Kuliah Sambil Kerja

Hambatan saat kuliah kelas karyawan sambil kerja

Kampus Jayabaya, Salah satu kampus yang murah dan berkualitas di daerah jakarta. Download Brosur PMB Disini

Untuk mencapai suatu kesuksesan, maka ibarat kata pepatah berakit-rakit kehulu dan berenang renang ketepian. Yaitu bersakit-sakit dahulu dan bersenang-senang kemudian. Dan hal ini termasuk dengan mengambil keputusan untuk melanjutkan kuliah sambil kerja atau kuliah ekstensi/kelas karyawan.

Sukses Butuh Perjuangan
Memang untuk mencapai suatu kesuksesan dalam hidup ini dibutuhkan suatu perjuangan. Semakin tinggi nilai kesuksesannya maka akan semakin berat perjuangannya. Dan saya ingat betul apa kata mentor saya, yakni Pak Anggi. Kata beliau “Sukses itu sulit, Namun hidup kita akan lebih sulit jika tidak sukses”.

Baca Juga : Daftar Tempat Kuliah Terbaik di Jakarta

Kuliah, Salah satu jalan menggapai kesuksesan
Mendapatkan posisi dan jabatan yang lebih baik diperusahaan, kesempatan gaji lebih tinggi dan ribuan masa depan yang cerah akan menanti bagi para lulusan universitas. Hal ini lah yang membuat kuliah dianggap sebagai salah satu jalan untuk mendapatkan kesuksesan dalam kehidupan ini.
Namun, untuk kuliah juga ternyata tidak gampang dan banyak hambatannya. Terlebih lagi bagi para karyawan atau buruh pabrik. Melanjutkan pendidikan ke tingkat perguruan tinggi memiliki tantangan tersendiri dan dirasa cukup berat. Namun benarkah begitu?

Ini Daftar Hambatan Plus Solusi Kuliah Sambil Kerja

Sesuai judul diatas, maka kali ini informasikampus.com akan membahas tentang hambatan apa saja dan solusi untuk melanjutkan kuliah sambil kerja. Yang tentunya amat menarik untuk dibahas. Yuk kita langsung aja masuk ke bahasan inti 🙂

1. Kurangnya Niat dan Tekat untuk Hidup Lebih baik
Niat adalah salah satu faktor inti dalam mengerjakan sesuatu. Bahkan, solat saja bisa jadi tidak sah karena kurangnya niat (Niat adalah 1 dari 13 Rukun Sholat Lho).
Biasanya, seseorang yang memang tidak mempunyai tujuan hidup yang pasti tentang apa yang akan dilakukan olehnya di hidup ini akan berdampak pada lemahnya niat. Ditambah lagi dengan adanya segudang kesibukan, tentunya makin meredupkan niat tersebut hingga suatu hari ketika sudah tua baru tersadar bahwa banyak waktu dan kesempatan terlewat akibat menunda-nunda kuliah. TRUST ME THIS WILL HAPPEN!.
Solusi Hambatan Niat untuk Kuliah
Hambatan di perkara niat untuk kuliah sambil kerja ini sebenarnya bisa diatasi dengan banyak membaca buku positif, bergaul dengan lingkungan yang positif, ikut ke seminar motivasi dan tentu dengan merenung tentang tujuan hidup ini dapat membantu memperkuat niat serta tekat. Bahwa kita pasti sanggup untuk Kuliah Sambil Kerja

2. Dukungan dari Lingkungan Sekitar
Anthony Robin (Seorang Motivator kelas dunia) berkata bahwa, salah satu faktor penunjang kesuksesan ada 3 hal. Yang pertama adalah buku apa yang Anda baca, Lingkungan mana Anda bergaul dan action apa yang Anda ambil.
Dukungan dari lingkungan ini amat penting, karena di perjalanan ketika Anda kuliah Anda pasti akan menemukan cukup banyak hambatan. Dan kalau dukungan dari lingkungan (Orang tua, pacar, teman dsb) cukup rendah atau bahkan tidak mendukung. Maka bisa jadi Anda berhenti kuliah di tengah jalan.
Solusi dari Hambatan kedua ini adalah dengan memberikan pengertian pada lingkungan Anda. Katakanlah bahwa ini demi masa depan Anda, dan keluarga. Beri contoh para orang-orang (kalau bisa yang dikenali juga oleh kerabat dan pacar Anda), yang sukses setelah lulus kuliah. Dengan cara ini Insya Allah Lingkungan sekitar kita baik orang tua, pacar, maupun teman tidak lagi akan menjadi hambatan bagi kita untuk kuliah sambil bekerja.
3. Biaya Kuliah
Salah satu yang menjadi batu penghalang adalah biaya kuliah yang terbilang cukup tinggi. Bahkan salah satu universitas swasta di jakarta mematok hingga puluhan juta hanya untuk satu semester. Namun sebenarnya masalah biaya ini bukanlah hambatan bagi kita untuk melanjutkan pendidikan kita. Ada solusi bagi masalah biaya ini.
Solusinya adalah dengan mencari kampus yang berkualitas namun tetap terjangkau bagi kantong para karyawan/buruh. Disamping itu, kita juga bisa mengajukan beasiswa agar biaya kuliah kita bisa lebih ringan.
Salah satu contoh universitas yang berkualitas namun cukup murah adalah di Universitas Jayabaya. Kampus yang telah melahirkan banyak orang penting ini, terbilang cukup murah. Disamping itu, dikampus ini tersedia beberapa pilihan beasiswa yang dapat kamu ambil. Bahkan di FTI (Fakultas Teknologi Industri) Jayabaya, tersedia beasiswa full 100% untuk juara Nasional bidang olahraga.
So.. Sebenarnya Biaya bukan hambatan bagi kita untuk kuliah sambil kerja.

4. Sulit Mencari Waktu Kuliah
Nah ini dia hambatan sebenarnya bagi para karyawan. Waktu! adalah satu-satunya faktor yang mungkin susah ditaklukan demi melanjutkan kuliah bagi para karyawan. Disamping karena kesibukan saat bekerja, ditambah lagi dengan waktu kerja yang berubah ubah untuk karyawan shift. Membuat waktu kuliah menjadi tidak ada. Namun benarkah begitu?
Sesungguhnya hambatan waktu ini dapat kita atasi dengan mudah, bahkan telah banyak orang yang lulus kuliah walau sudah sibuk bekerja. Salah satu contohnya adalah Bapak Gerry handoyo, beliau dapat lulus kuliah tepat waktu padahal pekerjaanya menuntut waktu yang cukup banyak.
Cara mensiasati waktu kuliah ini adalah dengan mencari kampus dengan waktu kuliah yang fleksibel. Yaitu mahasiswa dapat masuk kelas malam atau sabtu-minggu, bahkan jikalau ada kesempatan boleh juga ikut di kelas pagi.
Dengan cara ini, Insya ALLAH masalah waktu dapat diatasi.
Cara lainnya adalah dengan menyesuaikan kalender kerja kita dengan kalender kuliah. Untuk lebih jelasnya tentang hambatan waktu ini bisa dilihat di : Pentingnya Melanjutkan Kuliah bagi Karyawan

5. Tempat Kuliah Harus terjangkau
Tempat kuliah yang terpencil dan jauh dari fasilitas umum, akan menyulitkan kita ketika kuliah. Ditambah lagi waktu tempuhnya akan menjadi permasalahan tersendiri dikemudian hari. Bayangkan saja, kalau ketika kuliah ada suatu bahan pelajaran yang tertinggal dirumah. Maka pasti setengah mati kita harus kembali kerumah dan kembali menelusuri tempat kuliah terpencil tersebut. T_T saya pernah ngalamin makanya pindah tempat kuliah.
Makanya agar soal tempat tidak jadi hambatan, pilihlah kampus yang mudah dijangkau oleh angkutan umum dan dekat dengan tempat umum . Salah satu contohnya adalah Kampus UI, kampus Gunadarma dan Kampus Jayabaya.
Ketiga kampus ini mudah sekali dijangkau oleh angkutan umum, dekat dengan fasilitas lain dan dapat dengan mudah ditemukan.

Nah.. Sekian artikel tentang Hambatan Kuliah Sambil Kerja dan Solusinya dari Informasikampus.com , pantengin terus deh situs tentang dunia kampus dan kuliah ini.

Keep Semangat dan terus Ngampus ya 🙂

Salam Luna “Artis Kampus Jayabaya”

(Visited 2.905 times, 1 visits today)
 

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *